Selamat Datang

Selamat datang di blog ini, yang dimaksudkan untuk menyimpan bacaan2 menarik sehingga dapat terdokumentasi dengan baik dan dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Semoga bermanfaat....

Selasa, 11 Oktober 2011

Asal muasal MandiAur





Mandi Aur adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Muara Kelingi, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia.

Buluh Sungai
Sungai Kelingi
Mandi Aur berarti "mandi dibawah bambu". Konon, pada zaman dahulu kala, seorang warga pertama yang mendiami wilayah ini tidak mempunyai anak. Kemudian warga tersebut memohon kepada Tuhan agar diberikan anak dan doanya dikabulkan tetapi dengan syarat warga tersebut harus mandi di bawah rumpun bambu. oleh karenanya, maka daerah ini dinamakan Mandi Aur. 

Pergi Sekolah
Menurut para tetua, di daerah ini terdapat banyak makam para kyai dan ulama dari Arab. Namun hanya sebagian orang saja yang mengetahui dan hal ini tidak diberitahukan kepada khalayak ramai dikarenakan takut terjadi kemusyrikan.ada 3 makam keramat yang terkenal dan masih disambangi oleh warga mandi aur dan sekitarnya,bahkan ada yang datang dari luar sumatera karena mendapat mimpi tentang situs keramat tersebut.Tiga keramat tersebut adalah Keramat Kuba,Keramat Bujang Jawara(Juwaro) & Keramat Pendam Kitab.Dua Keramat yang pertama berada di Dusun I (Mandi aur Lama),Keramat yang ketiga berada didusun III (gading Indah,kambang ikan).

Sungai  Bongkok
Lagi di Ume
Mandi aur diresmikan sebagai nama sebuah marga oleh kesultanan Palembang pada tahun 1662,bersamaan dengan diresmikannya 2 marga yang lain yaitu Marga Semangus dan Marga Tanjung Raya.Pada perkembangannya setelah kesultanan Palembang Darussalam dibekukan oleh Pemerintah Kolonial Belanda Pada tahun 1883, marga Mandi aur berubah nama menjadi Marga Proatin IX dengan diperintah oleh seorang pesirah (biasanya diberi gelar Depati atau pangeran oleh pihak eks Kesultanan Palembang Darussalam/Gubernement yang merupakan kaki tangan pemerintah kolonial) dan merupakan bagian dari onder district Muara kelingi yang beribukota dimuara kelingi yang dipimpin oleh seorang Demang. Onder district muara kelingi berada dibawah naungan Onder Afdeling Musi Ulu yang beribukota di Muara Beliti dengan diperintah oleh seorang Kontroller.Onder Afdeling Musi Ulu Merupakan bagian dari Afdeling Palembang Bovenlandens yang beribukota dilahat dan diperintah oleh seorang Asisten Resident.
Bujang Dusun

Sedangkan Palembang sendiri merupakan ibukota dari keresidenen Zuid Sumatra yang diperintah oleh seorang Residen yang merupakan perpanjangan tangan dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang bermarkas dibatavia (jakarta). 

Mandi aur karena merupakan ibukota Marga maka ditunjuk juga seorang pembarap yang lebih kurang seperti lurah dikota kecamatan tapi punya kekuasaan melebihi lurah karena dapat juga menggantikan tugas pesirah jika Pesirah sedang tidak berada ditempat. (Disunting dari Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar